Sejarah yang hilang di era reformasi

Posted: 28 Maret 2012 in SEJARAH
Tag:

Bangsa Yang Besar Mengenal Sejarahnya

“Lupa kacang akan kulitnya” demikian kalimat yang lebih pas disandingkan kepada seluruh generasi muda masa kini yang tinggal di negara kesatuan Republik Indonesia. Generasi muda saat ini sarat dengan duplikasi terhadap nilai dan budaya asing.

Keberanian dan perjuangan pahlawan haruslah dihargai dan dihormati serta dikenang oleh karena pengorbanannya dalam merebut hak kepemilikan bangsa ini melalui proses perjuangan melawan kaum penjajah. Di sisi lain bangsa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya semenjak 17 agustus 1945 yang lalu dan kini kembali bangsa Indonesia akan merayakan HUT kemerdekaan Indonesia yang ke-66 tahun yang selalu dimeriahkan secara merata di seluruh pelosok tanah air Indonesia.

Sayangnya masih banyak generasi muda yang lupa malahan sengaja melupakan sejarahnya, melalui pengadopsian budaya liberalis yang merasuk bahkan merusak kepribadian bangsa ini. Terlebih, ketika suatu tatanan pemerintahan modern melalui sistem republik yang telah menggantikan serta mengubah sejarah kegemilangan penaklukan dan tatanan kerajaan-kerajaan yang dahulunya berdaulat di seantero jagad nusantara di zaman ke’emasannya. Disamping itu pula, sejarah bangsa Indonesia tercoreng dengan ulah oknum-oknum yang menyebutkan dirinya pemerintah justru telah menhapus nilai-nilai penghormatan malahan kehormatan dari para pejuang tempo dulu itu.

Hal ini dapat dilihat dengan kurang pedulinya pemerintah dalam hal mengelola maupun merenovasi situs-situs peninggalan sejarah seperti makam-makam raja-raja yang pernah memerintah di era kegemilangannya, dan juga adalah pahlawan yang bertempur mengusir pendudukan tentara sekutu/Amerika di semenanjung pulau Miangas dan Marore yang merupakan daerah perbatasan NKRI. Peninggalan itu kini dan malahan nampak mulai rusak dan rapuh serta tak terurus oleh suatu generasi yang telah memprokalmirkan dirinya menembus era reformasi kini. Contoh dan teladan yang seharusnya dilestarikan kini laksana terlupakan.

Melalui peringatan 66 tahun kemerdekaan RI ini, generasi muda di seluruh pelosok nusantara hendaknya tidak melupakan sejarah bangsa, Marilah kita bertanggung jawab melestarikan nilai-nilai budaya dan sejarah bangsa Indonesia dengan mengadakan pembersihan serta perbaikan demi mengenang dan menghargai maupun sebagai penghormatan terhadap sejarah dan budaya kita sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s