WISATA KULINER SASAK PARISDO

Posted: 28 Juli 2011 in WISATA DI KARAWANG


Bagi Anda sekeluarga yang gemar berekreasi dan berwisata kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi bendungan ini. Bendungan yang membendung Citarum ini membentuk waduk seluas 15 hektar pada kawasan dataran rendah pantai utara.  Bangunan bendungan yang membendung sungai lebarnya sekitar 50, pada zaman dahulu bernama Parisdo.

Bagian dasar merupakan bagian dam, di atas dam terdapat jembatan dengan lebar jalan sekitar 3 m. Di jembatan terdapat semacam bangunan terdiri beberapa ruangan. Langit-langit di atas jembatan dengan bentuk lengkung. Pada dinding di atas jalan masuk terdapat tulisan “Bendung Walahar Kali Tjitarum Mulai Dipakai 30 Nopember 1925 untuk mengairi sawah luas 87.506 ha”.

Fungsi bendungan Walahar memang diutamakan untuk mengairi sawah. Di samping fungsi utama tersebut masyarakat juga memfungsikannya untuk keperluan lain khususnya sebagai sarana rekreasi. Setiap hari libur banyak yang memanfaatkan untuk memancing atau sekedar penyegaran dengan menikmati deburan air yang berasal dari dam.

Sebagai sarana rekreasi, bendungan ini menyediakan wisata kuliner berupa deretan rumah makan khas Walahar yang menyajikan pepes ayam dan pepes ikan jambal.

Lokasi:  Kampung Kutapuhaci, Kelurahan Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s